Wujud Sinergitas, Babinsa Tanjung Dampingi Verifikasi ODF

Wujud Sinergitas, Babinsa Tanjung Dampingi Verifikasi ODF


PELITA24.COM | Jepara – Seorang Babinsa di tuntut untuk selalu bersinergi dengan instansi lain, dalam rangka menunjang tugas dan tanggung jawab di wilayah binaannya.

Seperti Koptu Kurnia Anggo Babinsa Koramil 07/Bangsri Kodim 0719/Jepara yang menghadiri kegiatan Verifikasi ODF desa Tanjung Pakisaji oleh tim verifikasi dari desa Banjaragung Bangsri Jepara, Kamis kemarin (28/03/2019).
Dalam verifikasi di desa Tanjung tersebut, perwakilan dari DKK kabupaten Jepara Wahono, dr Dini dari Puskesmas Pakisaji, Petinggi desa Tanjung Dwi Ganoto juga turut hadir.
Dalam sambutannya, Petinggi desa Tanjung Dwi Ganoto menyampaikan selamat datang kepada tim verifikasi dari DKK Kabupaten Jepara, Puskesmas Bangsri dan Tim Verifikas dari Desa Banjaragung Bangsri.
“Verifikasi desa ODF sangat penting dan bermanfaat bagi desa kami, karena sebagai pemicu dalam perubahan perilaku warga”, ungkapnya.
Sementara itu, Wahono mengajak kepada seluruh yang hadir untuk mendukung program kerja Bupati Jepara dalam ODF. “Harapannya di wilayah Jepara sudah bebas ODF, sehingga penyakit yang akan timbul dapat di minimalisir”, tuturnya.
Wahono juga menjelaskan bahwa Verifikasi status bebas dari buang air besar sembarangan penting untuk dilakukan dalam memastikan perubahan perilaku di masyarakat benar-benar terjadi dan berkelanjutan tidak sesaat pada deklarasi ODF saja, namun perubahan perilaku terjadi secara permanen, pungkasnya.
Verifikasi kali ini menyasar 5 Kepala Keluarga di tiap-tiap RT secara acak, dan hasil dari verifikasi bahwa masyarakat desa Tanjung mayoritas sudah memiliki jamban sehat dan memenuhi standarisasi ODF, walaupun di temukan beberapa orang warga masih numpang di tetangga.  P.24-007_Afid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *