Antisipasi Penyakit DBD, Babinsa Bersama Petugas Puskesmas dan Warga Bersih-bersih Lingkungan

PELITA24.COM  | Cilacap – Peringati Hari Jadi Cilacap yang ke-164, Serka Untung Turijo dan Sertu Hamdan Permana, Anggota Koramil 12/Kedungreja melaksanakan kegiatan kerja bakti resik – resik lingkungan sekaligus pemberantasan sarang nyamuk di lingkungan Dusun Kalenpring Desa Patimuan Kecamatan Patimuan, Jum’at (14/2/20).

Kegiatan ini dihadiri langsung Camat Patimuan Dra Trias Handayani, Iptu Bambang dari Kapolsek Patimuan dan Kepala Desa Patimuan Mustaqim. Keguatan ini diikuti oleh warga Dusun Kalenpring, Desa Patimuan.

Kegiatan ini dilaksanakan sesuai hasil musyawarah koordinasi baik tingkat kecamatan maupun dengan tingkat desa yang pelaksanaannya dilakukan pada hari Jumat ini. Kegiatan ini tujuan utama adalah untuk pemberantasan sarang nyamuk karena musim hujan identik dengan penyebaran penyakit demam berdarah yang disebabkan oleh nyamuk.

Pelaksanaan kegiatan tersebut diantaranya membersihkan selokan dari sampah, agar tidak terjadi penyumbatan saluran air sehingga air mengalir oancar dan air tidak menggenang. Kegiatan pembersihan ini berlanjut hingga masuk ke pemukiman penduduk. Didampingi pemilik rumah, petugas dari UPT Puskesmas Patimuan mengecek tempat penampungan air seperti bak mandi, ember-ember kosong ataupun tempat lain yang berpotensi tergenangnya air serta kondisi kamar. Diharapkan jangan sampai ada gantungan baju yang kotor.

” Kegiatan ini kita lakukan bersama petugas kesehatan dari Puskesmas dan juga warga masyarakat setempat agar wilayah ini terhindar dari penyebaran penyakit DBD,” terang Serka Untung.

Dia berharap kegiatan ini tidak hanya dilakukan oleh para petugas kesehatan saja namun budaya hidup bersih masyarakat harus terus kita digalakan sehingga ajan terhindar dari ancaman berbagai penyakit. “Apabila desa bersih, masyarakatnya juga akan hidup aman dan tentram, ” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *