Verifikasi ODF Desa Kalipucang Kulon Welahan Oleh Tim Verifikasi Desa Sowan Lor Kedung

Verifikasi ODF Desa Kalipucang Kulon Welahan Oleh Tim Verifikasi Desa Sowan Lor Kedung


PELITA24.COM | Jepara – Sejak lahirnya Kepmenkes No 852/Menkes/SK/IX/2008 tentang Strategi Nasional Sanitasi Total Berbasis masyarakat, progam STBM menjadi acuan nasional untuk program sanitasi berbasis masyarakat.

Itu yang di kemukanan oleh Kepala Puskesmas Welahan I Suhadi SKM MKes saat memberikan sambutan dalam acara Verifikasi Desa ODF Kalipucang Kulon Welahan Jepara dari Tim ODF desa Sowan Lor Kedung Jepara, Kamis (04/04/2019).
Menurut Suhadi STBM memiliki 6 strategi nasional, Penciptaan lingkungan yang kondusif (enabling environment), Peningkatan kebutuhan sanitasi (demand creation), Peningkatan penyediaan sanitasi (supply improvement), Pengelolaan pengetahuan (knowledge management), Pembiayaan, Pemantauan dan evaluasi.
Dalam pelaksanaan verifikasi tersebut, hadir secara langsung Ketua Verifikasi dari DKK Jepara Wahono SKM, Petinggi Desa Kalipucang Kulon H Khusnul Yazid, Babinsa Desa Kalipucang Kulon Serda Totok Budiharto, Tim verifkasi dari desa Sowan Lor Kedung Jepara, Babinsa Sowan Lor Serda Prabowo, Ketua FKD (Forum Kesehatan Desa) Mohtadi, PKK dan Bidan desa.
Petinggi desa Kalipucang Kulon Khusnul Yazid dalam sambutannya menjelaskan bahwa di desa Kalipucang Kulon ada 130 titik lokasi, 40 titik masih dalam proses pengerjaan. “Insyaallah tahun depan semua sudah ODF”, ungkapnya.
Sementara Wahono, dalam sambutannya menuturkan bahwa Kabupaten Jepara sudah 92% sudah lulus Verifikasi program STMB terkait Desa ODF / SBS. Dalam teknis dilapangan nantinya dapat di cek per Rw 10 rumah. “Nanti akan saya bagi per-RW untuk penilaiannya biar cepat selesai”, ujarnya.
Wahono menambahkan verifikasi tersebut untuk mencari informasi dengan mengutamakan tanda merah. “ Ya kita sama-sama belajar, mencari pengalaman antara tim dari desa Sowan Lor dengan tim dr Desa Kalipucang Kulon”, pungkasnya.
Sedangkan Serda Totok selaku Babinsa, saat di temui di sela-sela pendampingannya menjelaskan bahwa dengan adanya verifikasi ODF ini memicu kita untuk lebih menggalakan progam jambanisasi/jamban sehat bagi warga yang masih buang air sbesar sembarangan. “Semoga saja desa Kalipucang Kulon tahun depan bisa ODF, seperti yang Petinggi desa sampaikan tadi”, pungkasnya. P.24-007_Afid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *