Serda Riyanto Babinsa Koramil 07/Bangsri Hadiri Verifikasi ODF dan Stob Bebas Buang Air Sembarangan

Serda Riyanto Babinsa Koramil 07/Bangsri Hadiri Verifikasi ODF dan Stob Bebas Buang Air Sembarangan


PELITA24.COM | Jepara – Babinsa Guyangan Serda Riyanto menghadiri Koordinasi persiapan Verifikasi Desa Guyangan sebagai Desa ODF dan Stob Bebas Buang Air Sembarangan (SBS) di Balai Desa Guyangan  Kecamatan Bangsri Kabupaten Jepara, (22/04/2019).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Tiwik Kepala Seksi Sanitarian Puskesmas 2 Bangsri, Babinsa Desa Guyangan, Staf Pemerintahan Desa Bapak Puji Ahmad,PKD bapak Abdul Mukhid dan Kader Sanitarian 20 orang.
Ketua tim Verifikasi ODF Ibu Tiwik Kepala Seksi Sanitarian Puskesmas 2 Bangsri, menyampaikan Deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan / ODF merupakan wujud pemberdayaan masyarakat desa dengan kemandirian mampu merubah perilaku hidup bersih dan sehat dari masyarakat yang buang air besar di sembarangan tempat menjadi buang air besar di jamban yang sehat.
Hal ini merupakan bentuk komitmen tinggi masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit berbasis lingkungan menjadi desa yang wilayah bisa mendeklarasikan desa stop buang air besar sembarangan.
Selain itu perlu diadakan penyuluhan tentang penyadaran perilaku buang air besar sembarangan. Perlu diingat harus diadakan pengadaan jamban, menurut prosedur tiap rumah harus memiliki jamban, namun apabila tempat tidak memungkinkan, maka bisa dibuatkan jamban umum.
Tujuan harapan dari Tim verifikasi adalah adanya kerja sama kepada kader PKK untuk menindak lanjuti program ODF/ stop buang air besar sembarangan. Selain itu juga mengarapkan kepada kader PKK aktif memberikan penyuluhan untuk menjaga kesehatan pribadi keluarga  dan lingkungan secara umum.  P.24-007_Afid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *