Melalui Pagelaran Wayang Kulit, Babinsa Ingatkan Persatuan dan Kesatuan Bangsa


PELITA24.COM | Cilacap – Masih dalam rangkaian peringatan memetri bumi tahun 2019, Babinsa Koramil 07/Maos Serka Slamet menghadiri Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk yang digelar Pemerintah Kecamatan Maos bertempat di Balai Desa Klapagada, Kecamatan Maos, Minggu (14/07).


Hal ini dilakukan sebagai bentuk rasa syukur sekaligus nguri – nguri budaya yang menjadi ciri khas dan kekayaan budaya Bangsa Indonesia. Pagelaran wayang kulit tersebut di buka oleh Kepala Desa Klapagada Aris Kistanto. Adapun kegiatan pagelaran wayang kulit mengambil judul “Gatot Kaca Winusuda” bersama Ki Dalang Guntur Riyanto dari Kecamatan Maos Cilacap.


Cerita ini berkisah tentang perjuangan sang Gatotkaca dalam mendapatkan gelar rajanya di kerajaan Pringgondani, berbagai polemik dan banyaknya permasalahan yang dihadapi di dalam negeri yang terjadi pro kontra untuk menjadikan raja sang Gatotkaca yang terbilang berumur masih muda. 


Namun demikian melalui berbagai cobaan dan rintangan sang tokoh yang dikenal sebagai otot kawat balung wesi ini mampu menunjukan eksistensinya sebagai seorang pemimpin, tentunya ini tidak mudah, seperti diketahui sang tokoh sebelumnya telah melewati proses pendidikan dan ditempa di kawah chandradimuka yang membuatnya begitu kuat dan tanggap, tanggon dan trengginas. Tak heran meskipun umurnya tergolong muda sudah mampu menjadi pemimpin kerajaan.



Babinsa 07/ Maos Serka Slamet yang turut menyaksikan pagelaran wayang kulit mengatakan  bahwa banyak makna yang dapat diambil dari kisah pewayangan sebagai suri tauladan manusia dalam menapaki kehidupan. 


“Terkait peringatan memetri bumi perlu dilakukan untuk melestarikan nilai- nilai budaya bangsa yang kini mulai terkikis oleh moderenisasi dan kemajuan jaman. Kalau bukan kita yang menjaga budaya, siapa lagi, untuk itu perlu adanya kepedulian akan pentingnya menjaga budaya yang menjadi akar persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia”, harap Serka Slamet.


Acara yang dihadiri oleh jajaran Forkopincam Maos, Babinsa Serka Slamet, Babinkamtibmas Bripka Ipung, jajaran Perangkat Desa Klapagada, serta jajaran Lembaga Desa Klapagada serta tamu undangan yang berjumlah 100 orang.   P24.003_Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *