Kodim 0736/Batang Berpartisipasi Dalam Rapid Tes Yang Dilaksanakan Dinkes Kabupaten Batang

PELITA24 | Batang – Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav Henry Rudi Judianto Napitupulu diwakili Danramil 10/Batang Kapten Inf Subardi menghadiri kegiatan Rapid Tes yang diadakan oleh Pemkab Batang bertempat di pasar tradisional di antaranya pasar Batang, pasar Bandar dan pasar Blado, Rabu ( 27/5/20 ).

Dandim 0736/Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu kali ini tidak bisa hadir dalam kegiatan, dikarenakan beliau mengikuti kegiatan kunjungan Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Mochamad Effendi S.E.M.M dan Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di wilayah Kab. Pemalang.

Dengan menggandeng Kodim 0736/Batang ini merupakan bentuk kerjasama antar instansi guna melawan penyebaran covid – 19 di wilayah Kab Batang.

Hasil dari rapid tes yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan di pasar tradisional Batang di peroleh hasil 5 orang dinyatakan reaktif positif covid – 19 dari 150 pedagang pasar yang di periksa, sementara dari pasar tradisional Bandar diperoleh hasil 4 orang dinyatakan reaktif positif covid – 19 dari 100 pedagang yang diperiksa, sedangkan hasil dari pemeriksaan di pasar tradisional Kec. Blado di peroleh hasil 7 orang dinyatakan reaktif positif covid – 19 dari 50 pedagang yang di periksa.

Bupati Batang Wihaji yang melakukan monitoring secara langsung mengungkapkan, untuk pelaksanaan hasil rapid test hari ini ada 300 alat, Untuk Pasar Batang 150 alat, Pasar Bandar 100 dan pasar Blado 50 alat.

“Dari pemeriksaan rapid tes kepada pedagang yang hasilnya dinyatakan reaktif positif covid – 19, hasil dari rapid tes langsung kita swab dan kita kirim ke lab,” kata Wihaji.

Hasil rapid test di tiga pasar ini, akan kita jadikan sebagai pedoman untuk melakukan langkah tretment dan pemetakan guna mengantisipasi penyebaran virus Covid-19 di wilayah Kabupaten Batang khususnya di pasar – pasar tradisional.

” Dari hasil pemeriksaan pedagang pasar, kebanyakan pedagang yang hasil rapid tes dinyatakan reaktif positif Covid-19 semuanya berusia antara 50 tahun sampai 70 tahun,” jelas Wihaji.

Sementara dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Dr. Mukhlasin menjelaskan, pemeriksaan uji sample rapid test terhadap para pedagang dan pengunjung pasar tradisional dilakukan oleh petugas surveilans Dinkes Batang yang di bantu oleh anggota Kodim 0736/Batang dan Polres Batang.

“Hasil pemeriksaan uji sample rapid test Pasar Batang, sebanyak 145 orang Negatif dan 5 orang reaktif positif covid-19. Uji sample rapid test Pasar Blado, sebanyak 43 orang Negatif dan 7 orang Positif Covid-19. Pasar Bandar, sebanyak 96 orang Negatif dan 4 orang Positif Covid-19 ,” jelas dr Mukhlasin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *