Jelang HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan RI, Dandim Cilacap Pimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Cilacap – Komandan Kodim 0703 Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto, SE, M.Tr (Han) memimpin apel kehormatan dan renungan suci dalam rangka HUT ke-75 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020, Senin (17/8) dini hari bertempat di Taman Makam Pahlawan (TMP) Surengrono, Jl. Tritih Wetan Kecamatan Jeruklegi, Cilacap.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji beserta Wakil Syamsul Aulia Rahman, Danlanal Cilacap Letkol Laut (P) Bambang Marwoto, S.T., M.Sc., Psc, Kapolres Cilacap AKBP Dery Agung Wijaya, SIK, SH, MH,  Sekda Drs Farid Maruf, ST, MM beserta unsur Forkopimda.

Kegiatan ini juga diikuti oleh para pejabat /ASN di lingkungan Pemkab Cilacap, personel gabungan dari Kodim 0703 Cilacap, Lanal dan Polres Cilacap.

Pada Apel kehormatan, Dandim bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), sementara pejabat Komandan Upacara dipercayakan kepada Kapten Inf Sueb yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil Kesugihan.

Apel kehormatan dan renungan suci  diawali dengan penyalaan obor oleh 2 orang prajurit Kodim, di depan Monumen makam. Dalam kegiatan tersebut Dandim  memimpin penghormatan kepada para pahlawan yang dikenal maupun tak dikenal yang bersemayam di Taman Makam Pahlawan Surengrono dan diikuti oleh seluruh peserta apel serta membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci.

Dalam kesempatan itu Dandim mengatakan Apel kehormatan dan Renungan Suci merupakan kegiatan yang sakral untuk mengenang arwah dan jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia dimasa lampau.

” Kami bersumpah dan berjanji, Perjuangan saudara-saudara semua adalah perjuangan kami juga dan jalan bakti yang ditempuh saudara adalah jalan kami juga, ” kata dia.

Suasana semakin hikmad saat seluruhnya mengheningkan cipta seraya berdoa, dan kegiatan diakhiri dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan.

” Semoga arwah para pahlawan yang telah mendahului kita diterima disisi Tuhan YME dan mendapat tempat yang sebaik-baiknya,” ucap Dandim. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *