Dampingi Pengubinan, Begini Kata Serda Sukirman

Dampingi Pengubinan, Begini Kata Serda Sukirman


PELITA24.COM | Jepara – Pengubinan merupakan istilah yang biasa digunakan oleh petugas pertanian maupun statistic untuk menghitung secara cepat dan sederhana hasil panen produk pertanian.

Dalam rangka mensukseskan progam pemerintah dalam swasembada pangan nasional, Babinsa Desa Teluk Wetan Koramil 06/Welahan Kodim 0719/Jepara Serda Sukiman melaksanakan pendampingan pengubinan poktan Sukamaju 1 oleh PPL (Petugas Penyuluh Lapangan) kecamatan Welahan, Jumat (29/03/2019).
Dalam pengubinan padi ciherang di sawah milik Anshori (54), warga RT 19/03 desa Teluk Wetan Welahan Jepara ini, di dapatkan hasil 8,8 Ton/Ha, dengan padi dalam kategori baik.
Ruswanto selaku Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) menuturkan, bahwa pengubinan merupakan teknik ini paling umum digunakan untuk memperkirakan potensi hasil gabah dalam luasan 1 hamparan ( 1 ha ). Untuk melakukan pengubinan ini ada tahapan-tahapan yang harus dilalui oleh siapa saja yang ingin menghitung potensi hasil tanamannya.  “Prosesnya sangat sederhana, petani pun bisa melakukannya”, tandasnya.
Sementara Serda Sukirman kepada pendim menjelaskan bahwa pendampingan yang ia lakukan merupakan perintah dari komando atas, guna mendukung progam pemerintah dalam swasembada dan ketahanan pangan nasional.
Ia juga menambahkan, bahwa pengubinan yang di lakukan untuk mengetahui perkiraan potensi hasil dari tanaman padi, hal ini bermanfaat agar petani tidak diperdaya oleh sistem jual ijon yang hanya memperkirakan harga perluasan lahan yang ada, pungkasnya. P.24-007_Afid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *