Cegah Abrasi Pantai, 1000 Pohon Cemara Laut di Tanam

Cilacap – Guna mencegah abrasi di sepanjang Pantai Bunton Kecamatan Adipala, PT. Indonesia Power PLTU Jawa Tengah 2 Adipala OMU atau sering disebut PLTU Bunton menyelenggarakan kegiatan yang bertajuk Penanaman 1000 Pohon Cemara Laut Bersama Bupati Cilacap bertempat di Pantai Bunton, Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jumat (24/07/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Dandim 0703 Cilacap yang diwakili oleh Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo, GM PT. Indonesia Power PLTU 2 Adipala Slamet Suwardi, Camat Adipala Drs. Teguh Prastowo, M.Si, Danramil 08/Adipala Kapten Inf Sueb, Kapolsek Adipala AKP Budhi Suryanto, SH.MM, DLH Cilacap Ninda, Kepala KUA Adipala Imam Al Udin, S.Ag, Manajer Administrasi PT. Indonesia Power PLTU Bunton Yus Yudiono, Kades Bunton, Penggalang dan Adipala, Anggota PKK dan anggota kelompok tani Bunton dan warga masyarakat dan siswa siswi SD dan SMP setempat.

Dalam sambutanya GM PT. Indonesia Power PLTU 2 Adipala OMU Slamet Suwardi mengatakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup sedunia, PLTU Bunton sudah banyak melakukan kegiatan kegiatan terkait pelestarian alam diantaranya penanaman pohon dan kegiatan bersih bersih pantai.

“Dengan adanya kegiatan penanaman pohon cemara laut di sepanjang Pantai Bunton diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Sebagai bentuk Upaya dan program inovasi PLTU salah satunya adalah dengan  pemanfaatan faba (Fly Ass dan Baton Ass) dengan pavingisasi jalan  untuk membantu masyarakat.

“Pada hari ini kita melaksanakan kegiatan penanaman 1000 pohon cemara laut semoga kedepan dan semoga PLTU Bunton akan menghasilkan energi listrik yang lebih baik,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji menuturkan Kunci sukses ada 2 diantaranya pendidikan dan kesehatan, alam ini diciptakan oleh Allah SWT untuk manusia, dan yang menghancurkan alam juga manusia, maka dengan kegiatan penanaman 1000 pohon ini salah satu contoh bentuk melestarikan alam.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan penanaman pohon yang telah diselenggarakan oleh PLTU untuk mengembalikan kelestarian alam di Desa Bunton Adipala ini, kedepan apabila kegiatan penanaman pohon saya harap libatkan anak anak sekolah harapannya generasi penerus bisa melihat dan  merasakan secara langsung kegiatan penanaman pohon agar mereka tahu pentingnya melestarikan alam,” tutur Tatto. 

Sementara itu, Dandim 0703 Cilacap melalui Kepala Staf Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo mengungkapkan kegiatan penanaman pohon yang diselenggarakan PT. Indonesia Power di area Pesisir Pantai Adipala yang notabene masih wilayah tanah TNI AD merupakan bagian dari sinergi TNI dalam hal ini Kodim 0703 Cilacap dengan stakeholder untuk membentuk mitigasi bencana di sepanjang Pantai di Kabupaten Cilacap.

“Kita tahu bahwa kerawanan dari daerah pesisir adalah adanya ancaman bencana tsunami dan dengan memperbanyak penghijauan atau penanaman pohon di sepanjang pesisir akan sangat berguna untuk mitigasi bencana. Jadi kita sangat mendukung kegiatan ini dan diharapkan kedepan bisa terus ditingkatkan yang nantinya pohon tersebut bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

 

Oke

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.