Aksi Cepat Anggota Koramil 13/Majenang Atasi Jebolnya Sungai Cilumuh

oleh -117 views

Cilacap – Anggota Koramil 13/Majenang bersama anggota BPBD dan masyarakat melaksanakan kegiatan karya bakti TNI perbaikan tanggul sungai Cilumuh pasca di terjang hujan intensitas tinggi di dusun Benda RT 03/11 Desa Cilopadang Kecamatan Majenang, Minggu (22/3/20).

Jebolnya tanggul sungai Cilumuh itu sendiri terjadi pada hari Sabtu (21/3) kemarin setelah hujan deras menggusur wilayah Kecamatan Majenang pada pukul 18.00 hingga 03.00 Wib dini hari tadi.

Untuk membantu mengatasi kesulitan masyarakat di wilayahnya, tidak kurang dari 60 orang gabungan personel TNI dari Koramil 13/Majenang, anggota BPBD dan masyarakat bergotong royong memperbaiki tebing sungai setinggi 35 meter dengan cara pengisian tanah ke dalam karung dan ditata sepanjang 40 meter dengan ketebalan 3 meter atau kurang lebih 6 tumpukan karung.

” Tindakan yang kita lakukan ini untuk mengurangi kekhawatiran warga dan meminimalisir kerugian yang lebih banyak karena apabila dibiarkan dan terjadi hujan besar maka air sungai dan lumpur akan masuk ke pemukiman warga,” terang Babinsa Cilopadang Sertu Darsono.

Selain itu, kita juga mengimbau kepada warga untuk tidak membuang sampai sembarangan karena hal tersebut menjadi salah satu penyebab jebolnya tanggul sungai Cilumuh, ” ujarnya.

Ditempat terpisah, Danramil 13/Majenang Kapten Inf. Agus Sudarso membenarkan adanya kejadian tersebut. Selaku Aparat Kewilayahan, pihaknya telah menerjunkan beberapa personelnya untuk membantu masyarakat yang terkena dampak dan bersama dinas terkait segera melakukan perbaikan sebagai upaya untuk mengurangi dampak dari jebollnya sungai Cilumuh.

” Karya bakti perbaikan tanggul ini merupakan wujud kepedulian TNI untuk membantu mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya dan melalui kegiatan ini pula, kita tumbuh kembangkan kembali budaya gotong royong sekaligus memperkokoh kemanunggalan TNI dan Rakyat,” ungkapnya. Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *