3 Pilar Desa Mulyoharjo Dampingi Penilaian Lomba Pos Kamling Tingkat Polda Jateng

3 Pilar Desa Mulyoharjo Dampingi Penilaian Lomba Pos Kamling Tingkat Polda Jateng


PELITA24.COM | Jepara – Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya kepaguyuban dan gotong royong yang menjiwai masyarakat Indonesia khususnya di wilayah pemukiman perlu dilestarikan dan ditumbuh-kembangkan ditengah-tengah masyarakat.

Semalam, di Pos kamling RT 09 RW 02 desa Mulyoharjo Jepara, Babinsa Koramil 01/Jepara Serka Muryono bersama Bhabinkamtibmas Brigadir Kusain dan Petinggi desa HM Rosyid mendampingi penilaian lomba Pos kamling Tingkat Polda Jateng, Senin (01/04/2019).
Datang sebagai penilai, Kasubid Binmas Polda Jateng AKBP Bambang Purwadi beserta rombongan. Dan di sambut oleh Kasat Binmas Polres Jepara AKP Hadi Prastowo, Kanit Sabhara Polsek Jepara kota Iptu Slamet Raharjo, Kanit Binmas Polsek Jepara kota Aiptu Hery dan 3 Pilar desa Mulyoharjo.
Dalam penilaiannya, AKBP Bambang Purwadi menyampaikan bahwa kriteria penilaian terdiri dari beberapa aspek, yang secara garis besar meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan pos kamling nya itu sendiri.
“Pos Kamling minimal harus mempunyai peralatan standar, seperti kentongan dan papan tanda-tanda sandi kentongan, alat pemadam api sederhana, pentungan sebagai alat untuk melindungi diri, jas hujan, buku absensi dan mutasi, lampu senter serta borgol”, jelasnya.
Bambang juga menambahkan bahwa Kriteria penilaian dalam kesiapan personil, para anggota pos kamling harus memiliki kemampuan untuk memadamkan api bila terjadi kebakaran pada skala tertentu dengan menggunakan alat yang sederhana, minimal  bisa meminimalisir sebaran api sehingga tidak merambat ke bangunan lain pada pemukiman yang padat penduduk sambil menunggu bantuan dari Damkar Pemkab, tambahnya.
Sementara itu, Serka Muryono kepada pendim menuturkan, sebagai 3 pilar desa Mulyoharjo, menyambut baik lomba Pos Kamling tersebut, karena dapat memberikan motifasi kepada warga untuk ikut terjun langsung menjaga keamanan lingkungan.
“Harapan kami 3 Pilar desa Mulyoharjo, apa yang telah diperagakan oleh para warga saat penilaian lomba bisa diaplikasikan pada situasi yang sebenarnya”, pungkas Babinsa kelahiran kota Wali tersebut. P.24-007_Afid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *