Tanamkan Disiplin Sejak Dini, Siswa siswi TK Kartika III – 26 Berkunjung ke Markas Kodim Cilacap

Cilacap – Ingin mengenal dan belajar lebih dekat TNI, puluhan siswa siswi Kartika III – 26 Cilacap didampingi guru pembimbing melakukan kunjungan ke Markas Kodim 0703 Cilacap, 

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Bintara Staf Personel Kodim 0703 Cilacap Serka Wahyu Anggoro Putro tepat di halaman Makodim, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap, Jumat (18/03/2022).

TK Kartika III – 26 merupakan milik Yayasan Kartika Jaya yang secara organisasi masih berada di bawah pembinaan Kodim 0703 Cilacap lokasinya juga masih satu Komplek dengan Markas Satuan Teritorial di Cilacap tersebut.

Namun demikian, siswa siswi tingkat pertama yang baru masuk di TK Kartika III  – 26 Cilacap merupakan warga sekitar Cilacap yang masih awam dengan aktivitas militer yang ada di sekitar sekolah mereka. Untuk itu perlu adanya orientasi dan pengenalan terkait pangkalan dan apa saja yang ada di dalam Markas Kodim 0703 Cilacap.

Untuk itulah diadakan kunjungan ke Markas Kodim guna memperkenalkan pangkalan dan alutsista yang ada di dalamnya sehingga menambah motivasi dan menanamkan nilai nilai disiplin sejak dini.

Dikatakan Serka Wahyu, bahwa hal pertama yang menjadi karakter dan jatidiri seorang prajurit TNI adalah disiplin dan hal itu tercermin dalam sikapnya, sikap seorang prajurit TNI dasarnya adalah peraturan militer dasar (Permildas) yang meliputi Peraturan Baris Berbaris, Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Dinas Tentara, Peraturan Urusan Dinas Dalam dan lainya.

“Untuk itu melalui kesempatan kunjungan ini, kita tanamkan kepada anak anak supaya mereka tahu baris berbaris, tahu penghormatan militer sehingga mampu memberikan penghormatan kepada Sang Merah Putih sebagai simbol negara yang menjadi nilai nilai nasionalisme,” katanya.

Selain itu, dirinya juga membekali anak anak dengan belajar baris berbaris, seperti diketahui anak anak TK Kartika III – 26 memiliki seragam khas loreng TNI yang menjadi kebanggaan dan satu satunya TK yang berseragam loreng.

“Untuk itu dengan mengenalnya baris berbaris sejak dini akan menjadi pengetahuan plus bagi para siswa dan menjadi kebanggaan orang tua tentunya. Selain itu melalui baris berbaris kita membentuk karakter  yang disiplin loyalitas, membuang sikap egois dan saling menghormati sesama teman,” imbuhnya.

Kepala Sekolah Kartika III-26 Cilacap Rahayuningsih mengungkapkan pihak sekolah sangat senang dapat melakukan kunjungan secara langsung ke Markas Kodim 0703 Cilacap. Selain belajar sambil bermain, anak anak juga diajari langsung oleh prajurit TNI Kodim 0703 Cilacap.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0703 Cilacap, khususnya pelatih Serka Wahyu yang telah meluangkan waktu untuk memberi pembekalan dan bermain bersama anak anak kami. Kami melihat anak anak sangat senang dan antusias selama berada disini dan kalau ada kesempatan kami ingin belajar lebih banyak di Kodim 0703 Cilacap,” ungkap Rahayuningsih.

Oke

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *