Peran Babinsa Dalam Pembinaan Kegiatan Pramuka Guna Wujudkan Kedisiplinan dan Jiwa Korsa Yang Tinggi

oleh -44 views

Cilacap – Peran Babinsa dalam Pembinaan Kegiatan kepramukaan di wilayahnya terus ditunjukkan oleh Babinsa Koramil 13/Majenang agar mereka memiliki disiplin pribadi dan kelompok yang tinggi serta mantap dalam berorganisasi. Salah satunya yang dilakukan Pelda Miskun saat menghadiri pelantikan Penegak Bantara dan penyalaan Api Unggun Bramsata di Lapangan SMA Negeri 1 Majenang, Sabtu (11/1/20).

Dalam kesempatan itu, Pelda Miskun menyampaikan bahwa para Pramuka harus memiliki kedisiplinan yang tinggi baik disiplin pribadi dan kelompok serta harus mantap dalam berorganisasi. Selain itu, memiliki ikatan jiwa korsa yang kuat, serta sadar dan ikhlas dengan tanggung jawab yang diembannya selaku genersi penerus bangsa.

“Apalagi jika kondisi tersebut dikaitkan dengan berbagai ancaman dari dampak negatif yang ditimbulkan karena kemajuan teknologi saat ini, serta pemanfaatan teknologi informasi yang tidak terarah dan cenderung berseberangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” katanya seperti dikutip dari rilis yang diterima.

Sementara itu dalam kegiatannya, ada sebanyak 300 peserta Pramuka Penegak Bantara yang baru yang telah menyelesaikan ujian kenaikan tingkat. Mereka para harus melalui tahap ini untuk ketingkatan selanjutnya. Penegak Bantara sendiri adalah tingkatan syarat-syarat kecakapan umum pertama dalam satuan pramuka penegak sebelum penegak laksana.

Golongan pramuka penegak yang belum menyelesaikan syarat-syarat kecakapan umum (SKU) penegak bantara belum dianggap sebagai pramuka penegak dan disebut sebagai Tamu Ambalan atau Tamu Penegak sedangkan singkatan dari BANTARA yaitu Bantuan Tenaga Rakyat.

Kegiatan tersebut dihadiri Danramil 13 Majenang yang diwakili Babinsa Pelda Miskun, Kapolsek Majenang diwakili Bripka Joko Subhekti, DKR Majenang Kakak Wisnu serta Pembina Pramuka dan Guru pembimbing SMA Negeri 1 Majenang. Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *