Komsos, Metode Babinsa Dekat Dengan Warga Binaannya

Cilacap – Komunikasi sosial yang dilakukan merupakan wadah silaturahmi antara Babinsa dengan seluruh komponen masyarakat yang ada di wilayah binaannya guna memupuk kebersamaan, rasa saling memiliki, hormat menghormati antar sesama dan terwujudnya keamanan wilayah.

Pentingnya Silaturahmi dengan semua elemen masyarakat di wilayah binaan merupakan suatu bentuk kedekatan Babinsa dengan warga. Hal ini dikatakan Babinsa Koramil 05/Nusawungu Sertu Sakirin saat menyambangi warga binaannya di Desa Danasri Kecamatan Nusawungu, Kabupaten Cilacap, Selasa (12/07/22).

Dengan adanya komunikasi sosial, Babinsa dapat menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan juga disiplin kepada para tokoh masyarakat serta warga dan untuk selalu menjalin kerjasama dengan aparat keamanan Koramil setempat.

“Komunikasi sosial ini merupakan tugas rutin yang dilaksanakan Babinsa untuk menanamkan wawasan kebangsaan, kedisiplinan, persatuan dan kesatuan serta untuk mengetahui perkembangan wilayah binaan. Dengan demikian akan terjalin sinergitas antara aparat dan masyarakat serta para tokoh tokoh adat di wilayah binaan,” Terang Babinsa.

Hal ini dibenarkan Danramil 05/Nusawungu Kapten Inf Agus Sudarso dengan mengatakan bahwa kegiatan Komsos yang dilakukan Babinsa dalam rangka meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta upaya Babinsa untuk lebih mendekatkan diri dengan warga desa binaannya.

“Kalau mereka (Babinsa) sering terjun langsung ke lapangan dan lakukan komunikasi, pasti akan terjalin hubungan yang baik dengan masyarakat. Komunikasi dengan masyarakat tidak mengenal tempat, dimana masyarakat berbuat di situ, Babinsa berusaha untuk hadir sebagai wujud kedekatan TNI dengan masyarakat,” ungkap Danramil.

(PendimClp)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.