Kodim 0703 Cilacap Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M

Cilacap – Kodim 0703 Cilacap menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M bertempat di Aula Satya Kartika Kodim, Jln. Jenderal Sudirman No. D-1 Cilacap.

Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad kali ini mengusung tema “Melalui Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020 M, tingkatkan semangat kepedulian kepada sesama di tengah pandemi Covid-19”, Rabu (04/11).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf Kodim (Kasdim) Letkol Inf Drs. Abdul Asis Lallo, para Perwira Staf, Danramil jajaran dan perwakilan Bintara, Tamtama dan PNS TNI jajaran Kodim, penceramah Kyai Haji Mukhlisudin (Ketua Tanfid Asmaul Khusna Kabupaten Cilacap) dan pembaca Al Quran Noval dari Ponpes Majenang.

Dalam sambutanya Kasdim mengatakan momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hendaknya dapat dipetik hikmahnya untuk semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, dihadapkan kondisi saat ini dimana secara global sedang dilanda pandemi Covid-19.

“Melalui hikmah Maulud Nabi Muhammad SAW mari kita tingkatkan semangat kepedulian kepada sesama di tengah pandemi Covid-19, jadikan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW sebagai wadah untuk menumbuhkan kecintaan kepada Rasulullah Muhammad SAW dan Islam, ” kata Kasdim.

Dalam tausiahnya Kyai Haji Mukhlisudin membahas tentang sosok panutan Nabi Muhammad SAW. Dia mengatakan siapa yang bersalawat akan mendapat safaat dari Nabi Muhammad SAW dan dijamin masuk sorga serta dijauhkan dari api neraka.

“Bagi orang yang bersalawat, memiliki banyak keutamaan. Malaikat Jibril bersumpah bahwa orang yang bersalawat 1 hari  10 kali, akan dimudahkan meniti sirot, dipegang tangan dan diantar hingga ke surga. Malaikat mikail juga bersumpah bagi oramg yang  bersalawat setiap hari 10 kali akan diberi air dari telaga kautsar,” katanya.

Lebih lanjut, Malaikat israfil bersumpah akan bersujud di hadapan Allah SWT, dan tidak akan mengangkat sujudnya sampai dosa orang yang bersalawat diampuni oleh Allah. Malaikat Israil juga bersumpah apabila ada yang bersalawat kepada Nabi Muhamma SAW, maka akan dicabut nyawanya seperti mencabut nyawa para nabi.

Jadikanlah Rasulullah sebagai suri tauladan dalam menjalani hidup, tentunya dengan mencontoh sifat-sifatnya untuk kemudian di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Nabi muhammad SAW merupakan teladan dan panutan bagi umatnya dalam berbagai aspek kehidupan. Nabi sudah memberi contoh bagaimana menjadi seorang pemimpin yang berakhlak mulia, yang mengajak pada kebaikan, bahkan Nabi mengajarkan umatnya  agar memuliakan tetangga, mengajarkan kehidupan berumahtangga yang Sakinawah mawadah warohmah,” tambahnya.

Terkait Pandemi yang belum juga mereda, umat muslim harus melawan Covid ini, melakukan ikhtiar dengan melaksanakan protokol kesehatan, baik dengan memakai masker, mencuci tangan serta dibarengi dengan doa.

“Selain imun kuat iman juga harus kuat. Semangati dengan doa dzikir dan olahraga. Semoga kita semua terhindar dari Covid-19,” tandasnya. Oke

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *