Forkopimda Kabupaten Cilacap Meninjau Pelaksanaan Serbuan Vaksinasi

Cilacap – Forkopimda Kabupaten Cilacap meninjau kegiatan Serbuan Vaksinasi yang digelar Kodim 0703/Cilacap di Gedung Patra Graha Pertamina RU IV Cilacap, di Jln. MT Haryono Kelurahan Lomanis Kecamatan Cilacap Tengah dan di PT S2P Karangkandri Kecamatan Kesugihan Cilacap, Rabu (28/7/21).

Kedatangan Forkopimda tersebut untuk melihat secara langsung kegiatan vaksinasi massal yang ditujukan bagi warganya tersebut. Tampak hadir Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P., Kapolres AKBP Dr. Leganek Mawardi, S.H., S.I.K., M.Si, Ketua DPRD Taufik Nurhidayat, Kadinkes dr. Pramesti Griana Dewi, M.Kes, M.Si, perwakilan Danlanal Cilacap, Kajari Kabupaten Cilacap dan GM Pertamina RU IV Cilacap Eko Sunarno.

Dihadapan awak media Bupati Cilacap H. Tatto Suwarto Pamuji menjelaskan, bahwa saat ini Pemkab Cilacap sedang mengejar target vaksinasi, mengejar agar masyarakat Cilacap memenuhi target dalam vaksinasi.

” Gunanya vaksinasi yang pertama, dalam water testing atau menurut kesaksian, ternyata orang yang sudah di vaksin lebih dapat cepat sembuhnya daripada orang yang belum di vaksin. Nah inilah, kami bersama Forkopimda dan juga RU IV Pertamina bagaimana vaksin harus memenuhi target untuk perang memerangi Covid-19, ” Jelas Bupati.

Bupati berpesan, kepada warga yang sudah terkena Covid-19 agar tetap semangat, tetap positif thinking, berpikiran yang baik dan harus tetap mau makan serta rajin melatih pernafasan dengan berolahraga karena menurutnya hal ini penting selain daripada vaksinasi.

Mengenai target Vaksin, Bupati menjelaskan bahwa seluruh warga Kabupaten Cilacap, 1 Juta 500 orang, dan menurutnya kelanjutan harus ada dan hal tersebut juga akan dilaksanakan di beberapa tempat di wilayahnya seperti di Wisma Darussalam, di Pertamina dan juga di Puskesmas Puskesmas Kecamatan. Bupati juga telah meminta Ketua DPRD Kabupaten Cilacap untuk bisa menambah dan mendatangkan vaksin.

Sementara itu, menanggapi kesulitan warganya yang akan mendaftarkan vaksin, Kapolres Cilacap mengatakan bahwa vaksin itu harus didaftarkan terlebih dahulu pendaftarnya, minimal komunitas per 10 orang, dan kalau sudah ada vaksin menurut Kapolres pasti akan diundang dan sekarang ini ada sistem pendaftaran on line, lagi dikembangkan. Ini ga susah ko, semua akan kita layani,” Kata AKBP Leganek Mawardi.

Nanti Pemda ada pendaftaran melalui on line, jadi saya sudah tugaskan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cilacap. Nanti tidak usah mendapatkan telepon, jadi nanti mau kapan vaksinnya, kapan waktunya, harinya, tanggalnya, semua diatur, jadi tidak perlu antri seperti sekarang ini, antriannya bisa diatur, hari ini sasarannya 1.300 di Pertamina, S2P sekitar 1.000 orang,” Timpal Bupati Cilacap.

Terkait penyelenggaraan dilaksanakan di tempatnya, GM Pertamina RU IV Cilacap Eko Sunarno menjelaskan bahwa hal tersebut sebagai salah satu peran RU IV Cilacap dalam pengendalian Covid-19 di Kabupaten Cilacap juga sebagai salah satu nilai akhlak yang dianut oleh pihak Pertamina RU IV Cilacap.

” RU IV Cilacap mencoba berperan dalam pengendalian Covid-19 di Kabupaten Cilacap. Ini juga salah satu bentuk dari tata nilai akhlak yang dianut di Pertamina RU IV Cilacap dan yang terakhir adalah kolaboratif. Kolaboratif inilah yang kita implementasikan, kita bekerjasama dengan Forkopimda untuk sama sama bagaimana caranya kita bisa mengendalikan Covid di Kabupaten Cilacap,” Jelasnya.

Di internal sendiri menurut Eko Sunarno, protokol Covid-19 sudah dijalankan dengan maksimal kepada seluruh pekerjanya baik organik, non organik maupun pekerja temporer. “Nah kalau terutama di RU IV Cilacap sudah bisa kita kendalikan, otomatis kita menyumbang. Menyumbang bahwa kami bisa mengendalikan, itu sebagai salah satu bentuk bahwa upaya upaya kami di internal ini juga berpengaruh dalam pengendalian Covid-19 di masyarakat,” Tandasnya. (Urip)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *