Danramil 09/Kawunganten Narasumber Kegiatan P5 SMP Negeri 2 Bantarsari

Cilacap – Danramil 09/Kawunganten Kapten Chb Sutarman, SH menjadi narasumber dalam kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) bagi siswa kelas VII dan VIII yang diikuti sebanyak 410 siswa. Kegiatan dilaksanakan di Halaman SMP Negeri 2 Bantarsari yang berlokasi di Desa Rawajaya Kecamatan Bantarsari, Kabupaten Cilacap, Jumat (3/11/2023).

Dalam penyampaian materinya, Danramil 09/Kawunganten Kapten Chb Sutarman, SH menjelaskan bahwa cara melatih etika yaitu dengan cara mendengarkan orang lain yang sedang berbicara agar nantinya tidak terbawa sampai tua dan menjadi sebuah karakter yaitu karakter tidak menghargai orang lain. Disamping melatih karakter, para siswa juga harus mengikuti aturan sekolah agar tidak mendapatkan sanksi atau hukuman.

“Aturan harus ditegakkan yang tidak ikut aturan diberi sanksi”, tegasnya.

Masih menurut Danramil, saat ini adik-adik dalam masa transisi dan masa mencari jati diri namun demikian namanya pelajar tugas utamanya adalah belajar dan fokus dengan cita-cita karena perjalanan hidup manusia tidak ada yang tahu dan kalian lah calon-calon pemimpin masa depan sehingga harus disiplin, taat dan patuh terhadap peraturan yang ada di sekolah di rumah patuh taat kepada orang tua serta tidak lupa berdoa.

“Tunjukkan kebanggaan dengan cara berbuat yang tidak melanggar aturan dan tanamkan bahwa kalian adalah keluarga besar SMP Negeri 2 Bantarsari harus saling hormat menghormati dan harga menghargai sehingga tidak terjadi kasus perundungan seperti yang terjadi di daerah lain”, harap Danramil.

Terpisah, Kepala SMP Negeri 2 Bantarsari Asis, S. Pd dalam keterangannya menjelaskan bahwa kegiatan P5 merupakan bagian dari kurikulum Merdeka dengan tema Demokrasi yang tujuan akhirnya untuk pemilihan Ketua dan wakil Ketua OSIS SMP Negeri 2 Bantarsari.

“Terimakasih kepada Danramil 09/Kawunganten atas kerjasamanya, semoga apa yang disampaikan dapat memotivasi para siswa menjadi lebih disiplin dalam menuntut ilmu dan taat kepada aturan yang telah ditetapkan oleh sekolah serta memberikan gambaran untuk menjadi calon-calon pemimpin masa depan”, pungkasnya.

 

(r09/pen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *