Dandim Ciamis Hadiri Mieling Ngadegna Galuh Ke 1410 di Situs Ciungwanara

Ciamis – Peringatan berdirinya Kerajaan Galuh berlangsung di Situs Ciungwanara, Karangkamulyan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Rabu (23/3/2022).

Peringatan atau Mieling Ngadegna Galuh adalah kegiatan berkala yang dilakukan dalam rangka memperingati berdirinya Kerajaan GALUH, yang pada tahun 2022 ini yang ke 1410, acara dilaksanakan setahun sekali yang dikemas dalam suatu rangkaian kegiatan kebudayaan dan Kesenian. Kegiatan yang dipusatkan di kompleks Pangcalikan ini berlangsung dalam suasana khidmat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Ciamis Herdiyat Sunarya,Dandim 0613/Cms Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P, M.I.Pol, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro S.IK., S.H., M.T.,Danramil 1303/Bjg Kapten Arm Endang Lili,Kapolsek Cijeunjing  Akbp Alan Dahlan, Raja Galuh R. Rasich Hanif Radinal Mauchtar,Ketua Silaturahmi Raja Nusantara  Brigjen Pol Purn. A.A.Maparesi,Kajari Ciamis diwakili Kasubag BIN Nani Yuliani SH,Kadis pariwisata (Budi Kurnia) Ketua dewan kebudayaan Ciamis  Dr. Yat Rospiabrata, Artis Paramitha Rusadi Para sesepuh kabuyutan dan keluarga yang ada di Ciamis dan Para Tokoh Budaya.

Dalam sambutannya A.R. Hanif Radinal Muchtar mengucapkan terimakasih kepada Forkopimda yang telah mendukung dan hadir dalam acara ini, ini adalah acara yang ke 6 kalinya.Semoga meiling ngadegna galuh dapat dilaksanakan setiap tahun, mieling ngadegna Galuh adalah milik kita bersama,”Katanya.

Sementara itu Bupati Ciamis, Atas nama pemerintah mengucapkan apresiasi yang setinggi tingginya kepada jajaran panitia yg telah menyelenggarakan acara ini, masyarakat Ciamis sangat menghargai jasa jasa para leluhur, dapat memberikan motivasi agar Ciamis dapat berjaya seperti pada masa kejayaan kerajaan Galuh. 

Masyarakat Galuh sudah beberapa kali menyarankan agar Ciamis diganti menjadi Galuh, tidak masalah kalau harus referendum. 

Pendahulu pendahulu meninggalkan warisan yang tidak ternilai, budaya, situs dan peninggalan peninggalan yang lain, Ungkapnya

Ditempat berbeda Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi S.I.P, M.I.Pol dan Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro S.IK., S.H., M.T. ,Mengucapkan Hari jadi Kerajaan Galuh yang ke 1410,Semoga Kerajaan Galuh tetap jaya,Sukses dan tetap berada dihati warga masyarakat Ciamis.

(Pendim)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *