Ceria Bersama Meraih Mimpi, Jambore Kwarran Dibuka

Cilacap – Danramil 14/ Cimanggu Kodim 0703/Cilacap yang diwakili oleh Serka Mulyono, menghadiri Upacara Pembukaan Jambore Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Kecamatan Cimanggu yang bertempat di lapangan sepak bola PTPN IX Kebun Kawung, Desa Karangreja Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap, Kamis (28/9/2023).

Upacara pembukaan Jambore Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Cimanggu tahun 2023, yang mengambil tema “Ceria Bersama Meraih Mimpi”, dipimpin langsung oleh Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.M.Si., sekaligus membuka pelaksanaan Jambore yang diikuti oleh siswa/siswi SD sebanyak 1464 peserta se-Kecamatan Cimanggu.

Dalam sambutannya, Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.M.Si., mengatakan bahwa, kegiatan selama tiga hari mulai tanggal 28 sampai dengan 30 September 2023 tersebut, merupakan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan Pramuka.

“Kegiatan ini menitik beratkan pada pengembangan diri peserta, yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial. Baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat,” ujar Camat.

Danramil 14/Cimanggu yang diwakili oleh Serka Mulyono mengatakan bahwa, dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan mampu untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, persatuan dan kesatuan para peserta. Sehingga memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan kode kehormatan Pramuka, yakni Tri Satya dan Dharma Pramuka.

“Kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa kebangsaan sejak usia dini, serta berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan, ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa Pancasila, “ungkap Danramil.

Hadir dalam acara tersebut Camat Cimanggu Bambang Tutuko, S.Sos.,M.Si., Kapolsek Cimanggu AKP Anwar, SH., Danramil 14/Cimanggu yang diwakili oleh Serka Mulyono, Korwil Bidik Eko Sartono, S.Ag.,M.M., Ketua Kwaran Cimanggu Purnama, S.Pd.,M.Pd., Kepala Sekolah SD dan Mi se-Kecamatan Cimanggu serta Pembimbing, Panitia, Kwarran, DKR sejumlah 2.545 orang.

Selama kegiatan berjalan dengan lancar aman dan tertib, serta penuh dengan keceriaan, tampak di wajah wajah para peserta, walaupun panas terik matahari tidak menyurutkan semangat dan tekad anak-anak Pramuka di Bumi perkemahan Cimanggu ini, sesuai dengan tema yang diangkat, yakni “Ceria Bersama Meraih Mimpi”.

 

(R14)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *