Aksi Peduli Lingkungan di Gunung Prau, Kodim Batang Gandeng Federasi Panjat Tebing

PELITA24.COM | Batang –  Dandim 0736 Batang Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu melibatkan komunitas Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) dalam Aksi Sosial Peduli Lingkungan di Lereng Gunung Prau, Sabtu (16/2/2019).


Mereka berasal dari daerah Batang, Pekalongan, Pemalang dan Semarang untuk membuat lintasan jalur titik penanaman pohon di ketinggian 2000 mdpl lereng Gunung Prau Kecamatan Bawang Batang. 


Letkol Kav. Henry RJ Napitupulu mengatakan aksi sosial peduli lingkungan dengan penanaman pohon itu memang sengaja merangkul komunitas FPTI dari berbagai daerah. 

“Sebab, lokasi jalur penanaman pohon terlalu terjal dan berada di kemiringan 45 derajat. Belum lagi ketinggian lokasi di atas 1850 mdpl lebih. Mereka sangat antusias dan semangat,” kata Dandim. 

Menurutnya, aksi sosial peduli lingkungan dengan penanaman pohon di lereng Gunung Prau mendapat support dari berbagai pihak. 

“Tak hanya dari FPTI saja, namun berbagai komunitas lainnya juga turut andil dalam kegiatan ini,” tutur Henry. 

Salah satu personil FPTI Kabupaten Batang, Totok Purwo Raharjo mengaku senang bisa terlibat dan dirangkul Dandim 0736 Batang pada kegiatan ini. 

“Kami sering diajak berbagai komunitas pecinta alam, apalagi kegiatan semacam ini. Meski umumnya, kami lebih fokus ke sport climbingnya,” kata pria yang sudah 10 tahun gabung di FPTI Batang ini. 

Dia menambahkan, lintasan jalur titik penanaman pohon di lereng Gunung Prau wilayah Kecamatan Bawang ini memang benar-benar sangat curam dan terjal. 

“Untungnya, berbagai peralatan climbing selalu kami siapkan secara lengkap. Sebab, keselamatan dan keamanan menjadi faktor utama. Apalagi acaranya sampai dua hari kedepan,” tandasnya. Pendim0736

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *