Sigap, Babinsa Koramil 14 Cimanggu Segera Bantu Warga Bersihkan Tanah Longsor

Cilacap – Hujan deras disertai angin yang cukup kencang terjadi sejak pukul 15.00 Wib mengakibatkan tanah longsor sehingga sebagian rumah milik Carso, warga RT 01/06 Dusun Sawangan Desa Bantarpanjang, Kecamatan Cimanggu, roboh terbawa longsor. Hal serupa juga terjadi di RT 1/1 Dusun Cikondang Desa Panimbang yang mengakibatkan tebing sepanjang 150 meter menggalami longgsor.

Mendapat laporan warga, Serka Dasiman, Sertu Mulyono dan Serda Djoyo yang merupakan Babinsa Koramil 14/Cimanggu, segera dengan sigap berpencar mendatangi lokasi kejadian, mendata kerugian materil personil maupun materil dan selanjutnya melaporkan kejadian ini ke Komando Atas. Dan bersama warga membersihkan tanah longsor yang menimpa rumah warga, Rabu  (11/12)

” Akibat kejadian ini, rumah milik Bapak Carso yang berada dibawah tebing tertimpa tanah longsor. Tidak ada kerugian yang menonjol dan saat ini kita bersama warga segera membersihkan tanah yang menimpa rumahnya, ” terang Serka Dasiman saat dikonfirmasi Koresponden Pendim Cilacap.

Menyikapi kejadian yang serupa, sebagai salah satu Babinsa Koramil 14/Cimanggu, dirinya tidak bosan bosannya menghimbau kepada warga masyarakat untuk selalu waspada didalam menghadapi musim penghujan terlebih lagi bagi warga yang rumahnya berada di tepi tebing yang sangat rawan dengan bencana tanah longsor. ” Apabila hujan deras disertai angin kencang datang, sebaiknya segera mengungsi ke rumah tetangganya yang lebih aman untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan,”  imbuhnya.

Ditempat terpisah, Danramil 14/Cimanggu Kapten CPM Agus Santoso membenarkan kejadian yang terjadi di wilayahnya. Para Babinsanya telah melaporkan kejadian ini kepadanya. Menurut Danramil, kegiatan yang dilaksanakan oleh Babinsanya ini patut dicontoh oleh warga yang lain karena dengan semangat bersedia turun langsung ke desa untuk membantu kesulitan masyarakat.

Selaku Danramil, Kapten CPM Agus Santoso tidak bosan – bosannya menyampaikan kepada para Babinsanya untuk selalu waspada terutama Babinsa yang desanya rawan bencana longsor, karena wilayah Kecamatan Cimanggu  sangat rawan bencana tanah longsor yang sewaktu waktu bisa terjadi kapan saja. Hal ini selalu saya tekankan ke anggota, biar mereka selalu siap gerak, ” ucapnya tegas. Urip

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *